Vapers News

Harga Liquid Vape Bikin Kantong Menjerit?

harga liquid

Harga liquid kok makin naik sih? Pada tahun 2023, pemerintah akan menaikkan tarif cukai untuk rokok tembakau dan rokok elektrik atau vape. Kenaikan tarif ini dilakukan sebagai bagian dari kebijakan pemerintah yang mencakup berbagai kenaikan tarif, seperti cukai rokok dan tol.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan bahwa tarif cukai rokok tembakau akan naik sebesar 10 persen mulai Januari 2023. Kenaikan ini akan berlaku untuk tahun 2023 dan 2024. Sebelumnya, kenaikan cukai rokok berlangsung setahun sekali.

“Dalam keputusan hari ini Presiden telah menyetujui untuk menaikkan cukai rokok sebesar 10 persen untuk tahun 2023 dan 2024,” ungkap Menkeu Sri Mulyani baru-baru ini.

Apa Alasan Kenaikan Harga Liquid Vape?

Alasan di balik kenaikan tarif cukai ini adalah terkait dengan transformasi industri hasil tembakau. Penerapan kenaikan tarif cukai secara multiyears ini akan berjalan bersamaan dengan penyusunan peta jalan (roadmap) transformasi industri hasil tembakau.

Dampak dari kenaikan tarif cukai ini adalah harga rokok yang juga ikut naik. Proyeksi kenaikan harga rokok 2023 meliputi berbagai jenis rokok, seperti Sigaret Kretek Mesin (SKM), Sigaret Putih Mesin (SPM), Sigaret Kretek Tangan (SKT) atau SPT, Sigaret Kretek Tangan Filter (SKTF) atau Sigaret Putih Tangan Filter (SPTF), Sigaret Kelembak Kemenyan, Jenis Tembakau Iris (TIS), Jenis Rokok Daun atau Klobot (KLB), dan Jenis Cerutu (CRT).

Selain rokok tembakau, tarif cukai vape juga akan naik sebesar 15 persen setiap tahun selama lima tahun ke depan.

“Ini berlaku selama setiap tahun naik 15 persen selama lima tahun ke depan,” ungkap Sri Mulyani.

Kenaikan tarif cukai vape ini bertujuan khusus untuk melindungi kesehatan anak-anak. Menurut Sri Mulyani, konten lokal dari kedua jenis produk hasil tembakau ini sangat kecil, sementara efeknya terhadap kesehatan sangat dominan.

“Jadi takut penetrasi ke bawah. Ini adalah masalah melindungi anak-anak karena penetrasi itu dengan flavour (varian rasa) yang macam-macam, ini akan masuk,” ujar Sri Mulyani.
“Sementara dari sisi local content, dari sisi segala macam itu enggak ada sama sekali. Makanya jadi concern-nya kesehatan,” lanjut dia.

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak dengan judul Cukai Vape Naik 15 Persen, Berikut Harga Eceran Liquid Vapor Rokok Elektrik Terbaru 2023, .